Macam Macam Alat Ukur Digital dan Fungsinya

Alat Ukur Digital – Sistem pengukuran utama adalah sistem satuan internasional (SI), dan semua sistem pengukuran lainnya terkait dengannya. Adanya bantuan alat pengukuran akan menjadikan satuan konversi dapat dengan mudah digunakan untuk mengubah dari satu satuan ke satuan lainnya.

Memiliki ragam alat pengukuran sendiri merupakan hal penting dalam kehidupan kita sehari-hari untuk mendapatkan jumlah kuantitas yang tepat yang kita butuhkan.

Pengukuran yang tepat membantu dalam mengambil keputusan yang benar. Satuan dasar sistem metrik adalah panjang (diukur dalam meter), massa (diukur dalam kilogram) dan waktu (diukur dalam detik).

Meter, kilogram, dan sekon adalah satuan dasar, kilo-, hekto-, deka-, desi-, centi-, dan mili- diawali dengan satuan dasar untuk mengukur besaran yang lebih besar atau lebih kecil. Berikut macam macam alat ukur lengkap dengan fungsinya yang bisa anda simak :

Macam Macam Alat Ukur Digital

alat ukur digital

Sistem pengukuran adalah kumpulan unit pengukuran dan aturan yang menghubungkannya satu sama lain. Kata “pengukuran” berasal dari kata Yunani “metron”, yang berarti proporsi terbatas.

Kata ini juga berasal dari kata “bulan” dan “bulan”, mungkin karena objek astronomi adalah salah satu metode pertama untuk mengukur waktu. Di masa lalu, kami menggunakan bagian tubuh untuk sistem pengukuran informal seperti panjang kaki, hasta, rentang tangan, dll. yang tidak begitu akurat dan bervariasi dari orang ke orang.

Berikut macam macam alat ukur digital lengkap dengan fungsinya :

1. Pengukur Sudut Digital (Angel Gauge)

Alat yang sering kita kenal dengan nama Angel Gauge ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya ebih cepat, lebih mudah digunakan, dan lebih akurat daripada pengukur sudut analog, pengukur sudut digital memungkinkan Anda untuk langsung menemukan sudut permukaan apa pun yang Anda pasang.

Dilengkapi dengan basis magnet yang kuat dan kontrol kalibrasi otomatis, alat ukur ini sangat berguna dalam menentukan sudut kemiringan dan mitr yang tepat pada gergaji bertenaga.

2. Alat Ukur Laser Digital

Prinsip kerja Alat bernama self-leveling ini yaitu dengan memancarkan sinar laser berwarna, level laser memungkinkan konfirmasi visual yang mudah untuk leveling horizontal dan vertikal.

Beberapa model yang lebih mewah juga mencakup kemampuan mengukur jarak dari unit ke ujung sinar laser, menjadikannya solusi yang cepat dan akurat untuk pengukuran jarak lokasi kerja.

3. Mikrometer Digital

Penting untuk digunakan dalam pemesinan presisi tinggi, mikrometer menyerupai kaliper yang disekrupkan ke bawah daripada digeser. Mikrometer digital merupakan salah satu jenis alat ukur panjang yang mampu menghasilkan pembacaan instan pada jarak antara dua kepala caliper mereka, terkadang memungkinkan pengukuran yang akurat hingga tiga atau empat tempat desimal.

4. Termometer Digital

Dilansir dari wikielektronika.com, salah satu jenis alat ukur yang paling dikenal luas oleh berbagai lapisan masyarakat adalah termometer menyediakan pembacaan suhu, dengan termometer digital memberikan hasil yang lebih cepat dan lebih andal.

Mereka adalah bahan pokok pengobatan modern tetapi juga menemukan jalan mereka ke dalam seni kuliner dan studi lingkungan secara teratur.

5.  Jangka Sorong Digital

Jangka sorong digital adalah instrumen presisi yang digunakan untuk melakukan pengukuran yang sangat akurat. Kaliper mudah digunakan dengan tampilan digital. Sebagian besar mampu mengukur hingga 0,01 mm (0,0005 inci).

Jangka sorong Reexbon adalah kaliber tahan air terbaik yang pernah ada. Ini dapat mengukur hingga 6 inci, dan 150 milimeter, dan dibuat dengan bodi baja tahan karat yang benar-benar tahan karat. Kaliper digital Reexbon adalah kaliber tahan air terbaik yang pernah ada.

Apakah Anda bekerja di salah satu profesi fisik atau hanya suka terlibat dengan proyek DIY di rumah, alat ukur akan memungkinkan Anda presisi dan akurasi yang diperlukan untuk mencapai hasil yang bagus pada apa pun yang Anda tetapkan.

Jadi, lain kali Anda ingin meningkatkan keterampilan fisik, temukan cara untuk mengukurnya – dengan begitu, seiring waktu Anda akan dapat mengetahui seberapa banyak kemajuan yang Anda buat!

Refrensi : https://wikielektronika.com/

Leave a comment