Bagian Bagian Mikrometer Sekrup dan Keunggulannya

Yidongad.com – Selama bertahun-tahun, alat ukur mikrometer  maju untuk menampilkan berbagai macam konfigurasi titik dan elektronik digital. Di ruang manufaktur, mikrometer masih berdiri sebagai salah satu alat ukur presisi yang paling serbaguna dan populer.

Ini karena, alat ini memberikan informasi ukuran langsung, memberikan resolusi tinggi, dan mudah beradaptasi dengan berbagai aplikasi pengukuran. Akibatnya, panduan ini dianggap menyajikan semua yang perlu Anda ketahui tentang pengukur sekrup mikrometer.

Pengertian Mikrometer Sekrup

mikrometer sekrup

Mikrometer sekrup adalah alat ukur presisi yang dilengkapi sekrup terkalibrasi yang terutama digunakan untuk mengukur ketebalan atau jarak kecil antara dua permukaan bagian permesinan dan teknik mesin.

Pengukur mikrometer sekrup sering digunakan bersama perangkat metrologi lainnya seperti Vernier, dial, dan kaliper digital. Ini juga digunakan sebagai alat untuk mengukur diameter benda mikroskopis atau benda langit di mikroskop atau teleskop.

Sejak awal mikrometer sekrup pengukur sekitar 150 tahun yang lalu, berbagai variasi konfigurasi titik kontak alternatif telah dikembangkan. Hal ini dilakukan untuk memenuhi jumlah aplikasi pengukuran yang tak terbatas di berbagai bidang yang luas.

Akibatnya, berbagai opsi untuk mikrometer sekrup ini menjadikannya alat pengukur panjang universal di industri manufaktur.

Macam Macam Mikrometer

Terdapat berbagai macam jenis mikrometer sekrup yang bisa anda temukan di pasaran. Beberapa tipe mikrometer sekrup tersebut diantaranya bisa anda simak dibawah ini :

Mikrometer Universal– menampilkan landasan yang dapat dipertukarkan termasuk datar, bulat, spline, disk, bilah, titik, dan ujung pisau.

Mikrometer universal adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada mikrometer yang menampilkan komponen modular, memungkinkan satu bagian berfungsi sebagai mikrofon kedalaman, mikrofon luar, mikrofon langkah, dan banyak lagi.

Blade Micrometer – menampilkan serangkaian ujung sempit (blade) yang cocok yang memungkinkan pengukuran alur o-ring yang sempit.

Mikrometer diameter pitch – menampilkan seperangkat tip berbentuk ulir yang cocok untuk pengukuran diameter pitch ulir sekrup

Limit Mics – menampilkan dua spindel dan dua landasan yang digunakan seperti pengukur jepret. Sampel yang akan diukur harus melewati celah pertama dan kedua dan harus ditempatkan dalam spesifikasi. Dua celah menggambarkan refleksi akurat dari atas dan bawah kisaran toleransi.

Mikrometer Bore – jenis mikrometer ini memiliki tiga kepala landasan pada dasar mikrometer dengan aplikasi dalam pengukuran diameter bagian dalam.

Mikrometer Tabung – memiliki landasan silinder yang digunakan untuk mengukur ketebalan tabung. Landasannya terletak tegak lurus dengan porosnya.

Kegunaan Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup memiliki aplikasi yang luas di hampir semua bidang ilmu pengetahuan seperti di bidang teknik, manufaktur, dan dalam berbagai eksperimen ilmiah.

Ini digunakan untuk mengukur nilai berbagai macam objek hingga presisi dan akurasi yang lebih tinggi.

Jadi, untuk pemahaman yang lebih baik dan untuk memastikan penggunaan yang tepat dari pengukur sekrup mikrometer, sangat penting untuk mengetahui fungsi bagian dasarnya. Berikut adalah bagian-bagian dan fungsi dari mikrometer ulir pengukur.

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup

bagian bagian mikrometer sekrup

Bingkai-U

Bagian bagian mikrometer sekrup yang pertama ini memiliki rangka berbentuk c yang merupakan bagian kaku yang memiliki titik-titik pegangan untuk suatu benda yang akan diukur.

Ukuran bingkai bentuk-u tergantung pada rentang pengukuran dan meningkat seiring dengan perluasan rentang pengukuran ke ukuran yang lebih besar.

Fungsi utama rangka bentuk-U adalah untuk menyediakan struktur dasar mikrometer di mana landasan stasioner di salah satu ujungnya dan gelendong bergerak meluncur ke luar atau ke dalam melalui ujung rangka-U yang lain.

Sekrup Penyesuaian Nol

Ini adalah sekrup yang terletak di ujung belakang landasan yang digunakan untuk mengatur atau memperbaiki kesalahan nol mikrometer. Ini membantu untuk membatalkan kesalahan nol jika ditemukan sebelum pengukuran selama pengujian.

Landasan

Landasan adalah bagian silinder stasioner kecil yang terletak jauh di ujung rangka-c yang bertindak sebagai titik pegangan untuk mengukur sampel atau objek. Sebagian besar pengguna menyebutnya sebagai salah satu titik pengukuran dan pegangan yang kaku dari pengukur sekrup mikrometer.

Poros

Ini adalah bagian silinder mikrometer yang dipasang melalui semua bagian lain seperti mur pengunci, selongsong, dan bidal. Ini dapat dipindahkan dengan koneksi dengan ratchet. Saat ratchet diputar searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam, spindel meluncur ke dalam atau ke luar untuk menyesuaikannya dengan perbandingan dengan pengukuran ukuran sampel.

Wajah Spindel dan Landasan

Gelendong dan landasan memiliki wajah dan terletak saling berhadapan. Mereka adalah titik-titik pengukuran mikrometer dan dibangun sedemikian rupa untuk menahan cukup ukur atau objek secara kolektif untuk pengukuran.

Pengunci

Mekanisme pengukur sekrup mikrometer didasarkan pada ulir ground yang presisi dari spindel. Akibatnya, mur pengunci dibuat untuk bekerja sebagai mur stasioner untuk mekanisme ini. Rotasi mekanisme ini ke dalam mur pengunci pada mikrometer mengontrol pergerakan spindel.

Selongsong

Fungsi utama selongsong adalah untuk indikasi pembacaan dalam milimeter (mm) dalam kasus mikrometer imperial. Selongsong pada mikrometer adalah komponen silinder tipe barel yang dipasang pada poros. Skala utama pengukur sekrup mikrometer terukir di selongsong.

Thimble

Thimble adalah komponen mikrometer dan dipasang pada poros. Skala diukir pada bidal untuk menunjukkan nilai pengukuran sampel atau objek yang akan diukur dalam pecahan.

Ratchet

Ratchet adalah komponen pegangan jempol knurled yang digunakan untuk memutar spindel ke arah yang diinginkan selama proses pengukuran yang dilengkapi dengan aksi ratchet. Tindakan ratchet dilakukan untuk menghindari pengetatan mikrometer yang berlebihan pada sampel atau objek pengukuran. Juga, ini membantu untuk memastikan kekuatan tekanan yang sama dari setiap pengukuran.

Keunggulan Mikrometer Sekrup

Mikrometer umumnya dianggap sebagai alat pengukuran presisi yang sangat baik. Seperti untuk berbagai macam alat, pengukur sekrup mikrometer hadir dengan keunggulan yang mengesankan. Kelebihan mikrometer sekurp diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pengukuran yang akurat: pengukur sekrup mikrometer adalah salah satu jenis alat pengukur yang paling tepat, cepat, dan akurat yang tersedia. Meskipun ada dalam varietas yang berbeda, sebagian besar mikrometer dapat mengukur hingga 0,001 mm atau 0,0001 inci.
  • Memiliki aplikasi yang luas: karena kesederhanaannya, pengukur sekrup mikrometer banyak digunakan di berbagai jenis industri termasuk teknik mesin, industri permesinan, industri manufaktur, dan banyak lagi. Sebagai hasil dari pengoperasian yang mudah digunakan, pengguna dapat dengan mudah memperoleh pembacaan yang akurat dengan memiliki sedikit pengetahuan tentang alat pengukur presisi ini.
  • Menawarkan potensi besar: Setiap unit dan bagian dari pengukur sekrup mikrometer dilengkapi dengan peralatan khusus yang melayani tugas-tugas tertentu. Beberapa bagian khusus termasuk ujung landasan dan spindel yang membantu memastikan pengukuran yang lebih presisi sesuai dengan kebutuhan aplikasi pengguna.
  • Mikrometer sangat tahan lama: mikrometer adalah alat ukur yang tahan lama dengan masa pakai yang lama. Itu hanya membutuhkan investasi pada awal pembeliannya dan setelah itu, pengguna dapat menuai manfaatnya dari waktu ke waktu. Ini karena pengguna dapat menggunakan alat ini beberapa kali dan untuk aplikasi yang berbeda
  • Hemat biaya: Alat pengukur besar paling mahal sedangkan pengukur sekrup mikrometer hemat biaya bagi pengguna yang ingin melakukan pengukuran dalam jumlah besar. Ini karena mikrometer ini menyediakan landasan yang dapat dipertukarkan dengan panjang berbeda yang memungkinkan untuk mengukur dimensi yang berbeda menggunakan satu bingkai.
  • Memberikan Pengukuran yang andal: mikrometer terbuat dari mekanisme ratchet speeder/stop dan timbangan terintegrasi. Mekanisme speeder/stop ratchet memungkinkan tekanan seragam diterapkan pada bidal untuk mendapatkan pengukuran yang andal dan andal. Juga, mikrometer memiliki timbangan terintegrasi seperti skala lengan dan skala bidal yang membantu menghindari penggunaan pita pengukur dan penggaris.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Bagi seorang teknisi, pabrikan, profesional mesin, atau banyak lagi, pengukuran yang tepat dan akurat, adalah suatu keharusan untuk aktivitas sehari-hari mereka.

Ketika datang ke pengukuran sampel bola dan silinder, mikrometer luar adalah alat ukur yang ideal untuk digunakan. Namun, mikrometer yang dikalibrasi dengan baik mungkin tampak sulit dibaca, tetapi dengan kesabaran dan latihan terus-menerus, pengukuran dengan perangkat ini dapat menjadi bagian dari keahlian Anda.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang terlibat dalam membaca pengukur sekrup mikrometer:

Pengukur sekrup mikrometer memiliki dua skala termasuk skala berputar yang ditemukan pada komponen silinder yang berputar. Skala ini juga disebut sebagai skala melingkar atau sekunder sedangkan skala lain yang ditemukan pada lengan stasionernya disebut skala utama atau skala lengan.

Umumnya, hitungan terkecil adalah 0,5 mm pada skala utama sedangkan skala melingkar dibagi menjadi 50 atau 100 bagian yang sama.

Sumber :

https://journal.unnes.ac.id/

https://id.wikipedia.org/wiki/Mikrometer

https://wikielektronika.com/mikrometer-sekrup/

http://openjournal.unpam.ac.id/

Leave a comment