7 Jenis Triplek (Multiplek) Dilengkapi Harga Triplek Terbaru 2021

Yidongad.com – Berbagai jenis Triplek yang akan Anda temukan di supermarket bahan bangunan tentunya dapat membuat perjalanan belanja Anda tampak luar biasa.

Tetapi memahami perbedaan ragam varian triplek adalah kunci untuk menguraikan jenis terbaik untuk kebutuhan konstruksi Anda. Berikut daftar jenis jenis triplek yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya:

Jenis Jenis Triplek

Ditinjau dari ketebalan dan bahan materialnya, triplek terbagi menjadi beberapa macam jenis. Apa saja jenisnya ? Berikut detail ulasan lengkapnya untuk anda :

harga triplek

 

  1. Triplek Softwood (Kayu lunak)

Kayu lunak adalah jenis Triplek yang dibuat oleh pabrikan menggunakan kayu lunak, seperti pinus, redwood, atau cedar. Meskipun namanya menyiratkan bahwa kayu ini tidak sekuat yang lain, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa pekerja konstruksi biasanya menggunakan kayu lunak untuk selubung rangka eksterior, selubung atap, dan sub-lantai.

Triplek kayu lunak juga dapat membuat hal-hal seperti gudang, lantai sementara, rumah anjing, rak, dan banyak lagi.

  1. Triplek Hardwood (Kayu keras)

Triplek keras biasanya memiliki antara tiga dan tujuh lapisan dan menggunakan kayu keras, seperti birch, maple, oak, dan walnut. Produsen merekatkan lapisan kayu pada sudut yang tepat satu sama lain untuk menciptakan hasil akhir yang sangat kuat.

Kayu keras adalah yang terbaik untuk barang-barang seperti furnitur, kotak kemasan, peralatan olahraga, alat musik, dan proyek rumit lainnya yang membutuhkan bingkai yang kuat.

  1. Triplek Pesawat

Menurut Woodwork Made Easy Aircraft, Triplek adalah salah satu dari jenis kelas tertinggi dan paling tahan lama yang dapat Anda temukan. Kayu ini menggunakan kayu keras, seperti mahoni atau birch, untuk membuat bagian akhir yang sangat kuat yang juga dapat menahan panas dan kelembapan.

Desainnya menggabungkan beberapa lapisan tipis yang dapat membuatnya tetap ringan dan fleksibel, sambil tetap memberikan kekuatan yang kuat untuk pekerjaan yang paling berat. Harga triplek terbaru untuk jenis ini bisa dibilang yang paling mahal daripada jenis lainnya.

Anda akan menemukan Triplek jenis ini dalam proyek yang membutuhkan kayu berkekuatan industri, seperti pesawat terbang, kapal, dan furnitur yang dimaksudkan untuk menahan banyak beban.

  1. Triplek Eksterior

Triplek eksterior memiliki lem tahan cuaca dan air yang menyatukan setiap veneer. Saat Anda membuat eksterior dengan Triplek, salah satu kekhawatiran terbesar – dan terpenting – adalah bagaimana kayu akan menangani angin, hujan, dan cuaca lainnya.

Kayu eksterior dimaksudkan untuk memerangi unsur-unsur untuk memberikan kerangka yang kuat dan kokoh untuk tahun-tahun mendatang.

Lembaran Triplek eksterior biasanya memiliki beberapa veneer yang direkatkan, mengklasifikasikannya sebagai multi-lapis. Anda juga dapat memilih berbagai jenis kayu untuk Triplek eksterior, tergantung pada area di mana Anda tinggal.

Beberapa lokasi yang mengalami musim yang sangat keras mungkin lebih baik dengan kayu seperti ek, yang dapat menahan jamur dan jamur dari kondisi lembab.

  1. Triplek Inti Kayu

Triplek inti kayu biasanya dibuat dengan tiga lapis, dengan dua lapisan tipis di setiap sisi dan inti yang tebal. Veneer luar biasanya terbuat dari kayu keras, sedangkan inti dalam terdiri dari potongan kayu yang direkatkan menjadi satu lempengan padat.

Inti bagian dalam membantu memegang sekrup, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk proyek yang membutuhkan pegangan sekrup yang kuat. Salah satu kelemahannya adalah bahwa Triplek inti kayu yang dibuat dengan buruk mungkin memiliki rongga di dalam inti yang mengurangi kekuatan dan kemampuan menahan sekrupnya.

  1. Triplek Kelautan

Anda mungkin berpikir bahwa nama Triplek laut, juga dikenal sebagai kayu kelas laut menunjukkan bahwa itu tahan air, tetapi bukan itu masalahnya. Sebaliknya, produsen kayu membuat Triplek laut dengan lem eksterior tahan air menggunakan konstruksi berlapis yang sama seperti kayu lainnya.

Perbedaannya terletak pada kelas jenis laut. Menurut APA – Engineered Wood Association, kayu kelas laut terdiri dari kayu Western Larch atau Douglas Fir dan harus memiliki kualitas B atau lebih baik, yang akan kita bahas di bagian “Rincian Lebih Lanjut” dari panduan ini. Kayu jenis ini adalah salah satu Triplek dengan konstruksi terbaik dan bermutu tinggi di pasaran.

Kayu kelas laut tidak tahan terhadap jamur, lumut, atau busuk karena cuaca dan air. Produsen tidak memperlakukannya dengan bahan kimia apa pun, jadi pembusukan dan pembusukan bisa menjadi masalah kecuali Anda memperlakukannya dengan pengawet tekanan, seperti yang disarankan oleh APA.

Untuk dinilai sebagai kelas laut, kayu ini tidak boleh memiliki lubang di setiap lapisannya dan menggunakan lem tahan air berkinerja terbaik di antara lapisannya. Ini memastikan lem tidak akan berhenti bekerja jika kayu menjadi lembap karena cuaca atau kondisi basah.

Anda akan melihat kayu kelas laut yang sebagian besar digunakan pada furnitur luar ruangan dan potongan dekoratif, seperti gazebo, kotak penanam, dan bangku.

  1. Triplek Tebal Multilapis

Triplek berlapis, yang dapat berupa kepadatan tinggi atau sedang (HDO atau MDO), adalah jenis yang menggunakan struktur lembaran biasa yang sama dengan veneer yang direkatkan satu sama lain. Namun, lembaran overlay memiliki wajah overlay yang memberikan tampilan yang agak selesai.

Bagian luar yang sudah jadi tidak selalu untuk dekorasi, tetapi memberikan panel permukaan yang tahan lama yang juga cukup halus untuk menahan air dan partikel lain agar tidak merusak atau menempel padanya. Pelapisan juga membantu kayu menahan goresan dan lecet lain yang mungkin terjadi selama pengangkutan dan konstruksi.

Pabrikan mengikat permukaan luar ke seluruh veneer melalui proses panas dan tekanan. Panel overlay kepadatan tinggi memiliki lebih banyak resin daripada panel kepadatan sedang, membuatnya sedikit lebih mahal. Namun, keduanya dapat membuat proyek jadi lebih kuat dan lebih tahan lama daripada Triplek tradisional.

Daftar Harga Triplek Terbaru 2021 :

Jenis Ukuran Harga
Triplek Palem 3 mm 2440 mm x 1220 mm x 3 mm Rp 49.200
Triplek Palem 6 mm 2440 mm x 1220 mm x 6 mm Rp 87.200
Triplek Palem 9 mm 2440 mm x 1220 mm x 9 mm Rp 129.000
Triplek Palem 12 mm 2440 mm x 1220 mm x 12 mm Rp 180.000
Triplek Palem 15 mm 2440 mm x 1220 mm x 15 mm Rp 230.500
Triplek Palem 18 mm 2440 mm x 1220 mm x 18 mm Rp 285.100
Triplek Palem 25 mm 2440 mm x 1220 mm x 25 mm Rp 315.800

Sumber Harga Triplek : https://hargabangunan.id/ukuran-dan-harga-triplek/

Cara Memotong Triplek yang Benar

Demikianlah serangkaian informasi seputar triplek bangunan yang bisa kami paparkan. Semoga dapat membantu anda dalam mencari triplek terbaik untuk kebutuhan konstruksi rumah kesayangan anda.

Leave a comment