Jenis Jenis Alat Ukur Jangka Sorong dan Sejarahnya

Yidongad.com – Seperti yang kita ketahui bersama bahwa alat ukur Jangka sorong adalah perangkat yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua sisi yang berlawanan dari suatu benda.

Guna membantu anda dalam mencari daftar refrensi mengenai alat ukur yang satu ini, berikut akan kami paparkan sejarah jangka sorong dilengkapi dengan prinsip kerja dan juga jenis jenis jangka sorong yang paling mudah untuk digunakan. Berikut ulasan lengkapnya.

Sejarah Jangka Sorong

Orang-orang menggunakan Jangka sorong sekitar dua ribu enam ratus tahun yang lalu di Yunani kuno. Jangka sorong tertua adalah yang ditemukan di dekat pulau Italia Giglio di kapal dari abad keenam SM.

Jangka sorong di era itu terbuat dari kayu. Orang Yunani dan juga Romawi menggunakan Jangka sorong. Jangka sorong lain ditemukan di Cina yang berasal dari tahun 9 M selama Dinasti Xin Cina. Joseph R. Brown menemukan Jangka sorong modern.

Jangka sorong itu ditemukan pada tahun 1851, dan bisa membaca hingga seperseribu inci. Itu juga alat yang sangat murah yang berarti masinis biasa mampu membelinya.

Penggunaan alat ukur jangka sorong ini meliputi berbagai sektor industri mulai dari kedokteran, sains, teknik mesin, pengerjaan logam kayu hingga kehutanan. Lalu sudahkah anda tau apa saja jenis jenis alat ukur jangka sorong ini ? Berikut ulasannya untuk anda

Jenis Jenis Jangka Sorong

jenis jenis jangka sorong

Mengacu pada informasi yang ditulis oleh situs wikielektronika.com , terdapat 9 jenis jangka sorong yang digunakan diberbagai belahan dunia, mulai dari jangka sorong digital, jangka sorong analog, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut secara lengkap kami tuliskan daftar jenis jenis jangka sorong :

  1. Jangka Sorong Vernier
  2. Jangka Sorong dalam
  3. Jangka Sorong luar
  4. Jangka Sorong pembagi
  5. Jangka Sorong panggil
  6. Jangka Sorong Digital
  7. Jangka Sorong Oddleg
  8. Jangka Sorong Mikrometer

Jenis Jangka Sorong yang Paling Mudah Digunakan

Soal caliper yang paling mudah digunakan adalah relatif dan melihat pasangan yang paling user-friendly yang bisa Anda dapatkan. Manual Jangka Sorong luar atau dalam sederhana dan mungkin mudah digunakan, terlebih lagi jika itu adalah variasi pegas.

Jenis Jangka Sorong dial dan Jangka Sorong digital adalah Jangka Sorong yang paling mudah digunakan karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Mereka juga memberikan bacaan akhir tanpa banyak kerumitan dalam hal interpretasi.

Ketika datang ke daftar alat Anda, alat ukur, perlu ditonjolkan, terutama jika tugas bengkel Anda membutuhkan sentuhan presisi. Ketika berbicara tentang akurasi, kaliper adalah salah satu alat pengukur terbaik, yang memiliki area penggunaan yang luas mulai dari mekanik, lab, dan juga bidang pemetaan dan seni rupa.

Ada berbagai jenis kaliper, seperti yang terlihat dalam artikel ini. Bersihkan alat mekanik secara teratur bila tidak digunakan agar selalu dalam kondisi baik.

Prinsip Kerja Jangka Sorong

Kaliper atau sering kita kenal dengan Jangka Sorong adalah salah satu set alat ukur paling canggih, dan prinsip kerjanya bergantung pada skala Jangka Sorong untuk presisi. Untuk memahami pasangan alat ukur ini, Anda perlu memahami semua komponennya; di sini, kita fokus pada himpunan rahang.

Ia memiliki dua pasang rahang, satu untuk mengukur dimensi internal suatu objek, sedangkan yang lainnya menilai pengukuran eksternal. Ada juga probe kedalaman, lembaran logam yang melintasi panjang kaliper, yang mengukur jarak lubang.

Saat membaca jangka sorong, Anda menempatkan rahang pada objek yang Anda ukur. Pergerakan rahang menyebabkan skala Jangka Sorong juga bergerak. Digit pada skala utama yang berdekatan dengan nol adalah bagian pertama dari bacaan.

Artikel Terkait : Jenis Jenis Mikrometer

Lihatlah tanda milimeter atau pecahan pada skala Jangka Sorong, sesuai dengan tanda pada skala utama. Ini adalah bagian terakhir dari bacaan. Jika tanda pada skala utama adalah 7,2 cm pada skala utama dan sejajar dengan 3,2 mm pada skala Jangka Sorong, maka pembacaan akhir Anda adalah 7.232 cm, setelah mengubah milimeter menjadi sentimeter.

Leave a comment