Macam Macam Gerbang Logika dan Tabel Kebenaran

Gerbang Logika Setelah sebelumnya kami ulas artikel mengenai alat ukur jangka sorong dan juga mikrometer sekrup, kali ini tim Yidongad.com akan menuliskan informasi lengkap mengenai macam macam gerbang logika dasar dan juga tabel kebenaran.

Langsung saja mari kita bahas gambaran umum tentang apa itu gerbang logika dasar dalam ilmu elektronika digital, jenis jenis, simbol, tabel kebebarab dan cara kerja rangkaian gerbang logika.

Pengertian Gerbang Logika

gerbang logika dasar

Gerbang logika adalah blok bangunan dasar dari rangkaian digital yang memiliki dua input dan satu output. Hubungan antara i/p dan o/p didasarkan pada logika tertentu.

Gerbang logika ini diaplikasikan menggunakan sakelar elektronik seperti transistor dan dioda. Namun dalam praktiknya, gerbang logika dasar dibangun menggunakan teknologi CMOS, FETS, dan MOSFET (Metal Oxide Semiconductor FET).

Umumnya, rangkaian gerbang logika digunakan dalam perangkat mikroprosesor, mikrokontroler, aplikasi sistem tertanam, dan dalam rangkaian proyek elektronik dan listrik.

Menurut satuan Internasional, macam macam gerbang logika dasar dikategorikan menjadi tujuh, diantarnya adalah : Gerbang logika AND, OR, XOR, NAND, NOR, XNOR, dan NOT.

Fungsi Gerbang Logika

Gerbang logika dasar digunakan untuk melakukan fungsi logika dasar. Gerbang logika adalah blok bangunan dasar dalam IC digital (sirkuit terintegrasi). Sebagian besar gerbang logika menggunakan dua input biner dan menghasilkan output tunggal seperti 1 atau 0.

Di beberapa sirkuit elektronik, beberapa gerbang logika digunakan sedangkan di beberapa sirkuit lain, mikroprosesor menyertakan jutaan gerbang logika.

Implementasi gerbang Logika dapat dilakukan melalui dioda, transistor, relai, molekul, dan optik atau elemen mekanis yang berbeda. Karena alasan ini, gerbang logika dasar digunakan seperti sirkuit elektronik.

Simbol & Tabel Kebenaran Gerbang Logika

tabel kebenaran gerbang logika
Tabel kebenaran gerbang logika

Pada gambar diatas dapat anda lihat besaran input dan output yang ada pada tabel kebenaran gerbang logika dilengkapi dengan operasi dan simbol masing masing gerbang logika.

Tabel kebenaran digunakan untuk menunjukkan fungsi gerbang logika. Semua gerbang logika memiliki dua input kecuali gerbang NOT, yang hanya memiliki satu input.

Saat menggambar tabel kebenaran, nilai biner 0 dan 1 digunakan. Setiap kombinasi yang mungkin tergantung pada jumlah input.

Jika Anda belum mengetahui tentang gerbang logika dan tabel kebenarannya serta memerlukan panduan tentangnya, silakan simak infografis berikut yang memberikan gambaran umum tentang gerbang logika dengan simbol dan tabel kebenarannya.

Macam Macam Gerbang Logika

gerbang logika
Gambar simbol gerbang logika

Dilansir dari situs wikielektronika.com, macam macam gerbang logika diklasifikasikan menjadi tujuh jenis yaitu: gerbang AND, gerbang OR, gerbang XOR, gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XNOR, dan gerbang NOT. Secara detailnya bisa anda baca pada ulasan dibawah ini :

Gerbang Logika AND

gerbang and

Gerbang AND adalah gerbang logika digital dengan ‘n’ i/ps satu o/p, yang melakukan konjungsi logis berdasarkan kombinasi inputnya. Keluaran gerbang ini benar hanya jika semua masukan benar.

Ketika satu atau lebih input dari i/ps gerbang AND salah, maka hanya output dari gerbang AND yang salah. Simbol dan tabel kebenaran gerbang AND dengan dua input ditunjukkan di bawah ini.

Gerbang Logika OR

gerbang or

Gerbang OR adalah gerbang logika digital dengan ‘n’ i/ps dan satu o/p, yang melakukan konjungsi logis berdasarkan kombinasi inputnya. Keluaran gerbang OR bernilai benar hanya jika satu atau lebih masukan bernilai benar.

Jika semua i/ps dari gerbang salah, maka hanya keluaran gerbang OR yang salah. Simbol dan tabel kebenaran gerbang OR dengan dua input ditunjukkan di bawah ini.

Gerbang Logika NOT

gerbang not

Gerbang NOT adalah gerbang logika digital dengan satu input dan satu output yang mengoperasikan operasi inverter dari input. Output dari gerbang NOT adalah kebalikan dari input. Ketika input gerbang NOT benar maka output akan salah dan sebaliknya.

Simbol dan tabel kebenaran gerbang NOT dengan satu input ditunjukkan di bawah ini. Dengan menggunakan gerbang ini, kita dapat mengimplementasikan gerbang NOR dan NAND.

Gerbang Logika NOR

gerbang NOR

Gerbang NOR adalah gerbang logika digital dengan n masukan dan satu keluaran, yang menjalankan operasi gerbang OR diikuti oleh gerbang NOT. Gerbang NOR dirancang dengan menggabungkan gerbang OR dan NOT.

Ketika salah satu dari i/ps dari gerbang NOR benar, maka output dari gerbang NOR akan salah. Simbol dan tabel kebenaran gerbang NOR dengan tabel kebenaran ditunjukkan pada contoh gambar yang telah kami paparkan diatas.

Gerbang Logika NAND

gerbang nand

Gerbang NAND adalah gerbang logika digital dengan ‘n’ i/ps dan satu o/p, yang melakukan pengoperasian gerbang AND diikuti dengan pengoperasian gerbang NOT. Gerbang NAND dirancang dengan menggabungkan gerbang AND dan NOT.

Jika input gerbang NAND tinggi, maka output gerbang akan rendah. Simbol dan tabel kebenaran gerbang NAND dengan dua inputan.

Gerbang Logika XNOR

gerbang xnor

Gerbang Exclusive-NOR adalah gerbang logika digital dengan dua input dan satu output. Bentuk pendek dari gerbang ini adalah Ex-NOR. Ini bekerja berdasarkan operasi gerbang NOR.

Ketika kedua input gerbang ini tinggi, maka output gerbang EX-NOR akan tinggi. Tetapi, jika salah satu inputnya tinggi (tetapi tidak keduanya), maka outputnya akan rendah. Simbol dan tabel kebenaran EX-NOR ditunjukkan pada gambar diatas.

Gerbang Logika XOR

gerbang xor

Gerbang Exclusive-OR adalah gerbang logika digital dengan dua input dan satu output. Bentuk pendek dari gerbang ini adalah Ex-OR. Ini bekerja berdasarkan operasi gerbang OR. . Jika salah satu input dari gerbang ini tinggi, maka output dari gerbang EX-OR akan tinggi. Simbol dan tabel kebenaran EX-OR ditunjukkan pada gambar diatas.

Kesimpulan :

Aplikasi gerbang logika terutama ditentukan berdasarkan tabel kebenarannya, yaitu mode operasinya. Gerbang logika dasar digunakan di banyak sirkuit seperti kunci tombol tekan, alarm pencuri yang diaktifkan dengan cahaya, termostat pengaman, sistem penyiraman otomatis, dll.

Daftar Pustaka :

https://wikielektronika.com/gerbang-logika/

https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurteksi/article/download/300/230

https://id.wikipedia.org/wiki/Gerbang_logika

https://dspace.uii.ac.id/123456789/24673

https://repository.unikom.ac.id/38083/1/PERTEMUAN%20II%20-%20gerbang%20logika%202012.pdf

Leave a comment