Mengenal Distribusi Frekuensi dan Tabel Penyajian Data

Yidongad.com Ulasan kali ini akan membahas materi statistika yang mungkin seringkali teman teman temui dalam tugas mata kuliahnya. Materi tersebut adalah mengenai apa itu distribusi frekuensi, bentuk tabel distribusi frekuensi dan contoh nya.

Pengertian Distribusi Frekuensi

distribusi frekuensi

Distribusi frekuensi adalah representasi, baik dalam format grafik atau tabel, yang menampilkan jumlah pengamatan dalam interval tertentu. Ukuran interval tergantung pada data yang dianalisis dan tujuan analis.

Interval harus saling eksklusif dan lengkap. Distribusi frekuensi biasanya digunakan dalam konteks statistik. Secara umum, distribusi frekuensi dapat diasosiasikan dengan pembuatan diagram distribusi normal.

Macam macam pengertian distribusi frekuensi di berbagai bidang keilmuan :

  • Distribusi frekuensi dalam statistik adalah representasi yang menampilkan jumlah pengamatan dalam interval tertentu.
  • Representasi dari suatu distribusi frekuensi dapat berbentuk grafik atau tabel distribusi frekuensi sehingga lebih mudah untuk dipahami.
  • Distribusi frekuensi sangat berguna untuk distribusi normal, yang menunjukkan pengamatan probabilitas dibagi di antara standar deviasi.
  • Di bidang keuangan, pedagang menggunakan distribusi frekuensi untuk mencatat aksi harga dan mengidentifikasi tren.

Penggunaan Distribusi Frekuensi dalam Statistika

Sebagai alat statistik, distribusi frekuensi menyediakan representasi visual untuk distribusi pengamatan dalam tes tertentu. Analis sering menggunakan distribusi frekuensi untuk memvisualisasikan atau menggambarkan data yang dikumpulkan dalam sampel.

Misalnya, tinggi badan anak dapat dibagi menjadi beberapa kategori atau rentang yang berbeda. Dalam mengukur tinggi badan 50 anak, ada yang tinggi dan ada yang pendek, tetapi ada kemungkinan besar frekuensi atau konsentrasi yang lebih tinggi di kisaran tengah.

Faktor terpenting untuk mengumpulkan data adalah bahwa interval yang digunakan tidak boleh tumpang tindih dan harus memuat semua kemungkinan pengamatan.

Bentuk Analisis Distribusi Frekuensi

Baik histogram maupun diagram batang memberikan tampilan visual menggunakan kolom, dengan sumbu y mewakili jumlah frekuensi, dan sumbu x mewakili variabel yang akan diukur.

Pada tinggi anak, misalnya, sumbu y adalah jumlah anak, dan sumbu x adalah tinggi. Kolom mewakili jumlah anak yang diamati dengan ketinggian yang diukur dalam setiap interval.

Secara umum, bagan histogram biasanya akan menunjukkan distribusi normal, yang berarti bahwa sebagian besar kejadian akan jatuh di kolom tengah.

Distribusi frekuensi dapat menjadi aspek kunci dari grafik distribusi normal yang menunjukkan probabilitas pengamatan dibagi di antara standar deviasi. Distribusi frekuensi dapat disajikan sebagai tabel frekuensi, histogram, atau diagram batang. Di bawah ini adalah contoh distribusi frekuensi sebagai tabel.

Berikut untuk contoh tabel distribusi frekuensi tinggi badan anak di suatu sekolah dasar :

Interval (Tinggi) 4′ 4’5″ 5′ 5’2″
Frekuensi 2 5 6 3

Rumus Distribusi Frekuensi

Rumus distribusi frekuensi adalah distribusi frekuensi dalam format tabel atau grafik. Frekuensi data yang diberikan mengacu pada berapa kali titik data terjadi dan distribusi frekuensi mengacu pada representasi tabel yang menunjukkan setiap titik data dan frekuensinya.

Rumus distribusi frekuensi adalah salah satu dari banyak cara untuk mengatur data yang diberikan. Mari kita pelajari rumus distribusi frekuensi menggunakan contoh yang diselesaikan.

Untuk mengetahui frekuensi data, kita harus membagi jumlah kategori/nilai ke dalam interval, kemudian menghitung jumlah hasil di setiap interval, kemudian jumlah kemunculan mewakili frekuensi. Rumus distribusi frekuensi diberikan sebagai:

rumus distribusi frekuensi

Distribusi frekuensi mengacu pada tabel yang menunjukkan setiap item dan frekuensinya.

Kesimpulan materi :

Angka atau angka yang dikumpulkan untuk suatu tujuan tertentu disebut data.

Frekuensi adalah nilai dalam angka yang menunjukkan seberapa sering item tertentu muncul dalam kumpulan data yang diberikan.

Ada dua jenis tabel frekuensi – Distribusi Frekuensi Berkelompok dan Distribusi Frekuensi Tidak Berkelompok.

Data dapat ditampilkan menggunakan grafik seperti histogram, grafik batang, poligon frekuensi, dan sebagainya.

Sumber : https://wikielektronika.com/tabel-distribusi-frekuensi/

Leave a comment