Pengertian dan Siklus Akuntansi

Pengertian AkuntansiSalah satu cabang ilmu yang sangat penting untuk dikuasai dalam bidang bisnis ialah ilmu akuntansi dasar. Sebuah perusahaan haruslah memiliki minimal satu accounting yang menguasai ilmu ilmu akuntansi dasar.

Ada banyak sekali fungsi akuntansi yang perlu anda ketahui, namun sebelum kami mengulasnya, baiknya anda simak dengan baik ragam pengertian akuntansi lengkap dengan sejarah dan siklus akuntansi.

Pengertian Akuntansi

pengertian akuntansi

Ngomong-ngomong pengertian akuntasi apa sih akuntasi dasar itu? Akuntansi dasar yaitu kegiatan yang meliputi debit – kredit, penjurnalan, memosting jurnal ke buku besar, pembuatan neraca saldo, neraca percobaan dan penyajian laporan keuangan.

  1. Pengertian akuntansi dalam bisnis, Akuntansi adalah proses yang dimulai dari mencatat, mengelompokkan, mengeolah serta menyajikan data, sehingga menghasilkan informasi yang memungkinkan untuk pengambilan keputusan bahkan penilaian bagi orang yang berkompeten.
  2. Pengertian akuntansi sebagai seni, akuntansi adalah proses mencatat, mengelompokan sampai dengan menyajikan data keuangan dapat dikatakan sebagai seni karena dilihat dari cara penerapannya.
  3. Pengertian akuntansi sebagai sains, suatu bidang pengetahuan fenomena akuntansi secara objektif dan bebas nilai karena dapat dilihat dari cara penjelasannya. Pengertian akuntansi sebagai teknologi pengetahuan ilmiah untuk penyediaan informasi keuangan untuk mencapai tujuan sosial dan ekonomi. Dapat dilihat dari perekayasaan laporan keuangannya.

Sejarah Akuntansi Dasar

Sejarah akuntansi, akuntansi ada sejak manusia mengenal uang dan mengesahan uang sebagai alat sah pembayaran. Pencatatan keluar masuk uang, adanya utang piutang, dan teransaksi lainnya berawal dan di catat di atas lempengan tanah liat lalu berganti menggunakan lontar yang berupa naskah.

Naskah tersebut berasal dari mesir yang merupalan jajahan romawi. Naskah yang dari lontar tersebut di temukan di babilonia pada 3600 M hingga kini masih disimpan dengan baik.

Setelah beberapa waktu bangsa romawi menggunakan angka mereka sendiri sampai mereka menemukan kesulitan dan pada akhirnya mereka menggunakan angka arab yang sudah dikenal bangsa mesir.

Perkembangan akuntansi terjadi beriringan dengan ditemukannya sistem pembukuan berpasangan yang ditemukan oleh pedagang terkenal pada abat itu.

Pembukuan berpasangan tersebut merupakan pencatatan seluruh transaksi yang dibagi dalam 2 aspek yaitu debet kredit yang orientasinya imbang.

Pada tahun 1494 akuntansi berkembang di italia lalu keluar lah buku pertama tentang akuntansi yang mempunyai sistem – sistem akuntansi. Dan sistem akuntansi itu terus berkembang hingga saat ini. Itu lah singkat ulasan tentang sejarah akuntasi, sekarang kita beralih mengenai siklus akuntansi.

Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi adalah proses penyusunan laporan keuangan perusahaan yang bisa diterima dan dipertanggung jawabkan. Berikut tahapan siklus akuntasi beserta penjelasannya :

• Analisis transaksi akuntansi

Mencari informasi yang berkaitan dengan jenis transaksi yang sudajh terjadi dalam satu periode.

• Pembuatan jurnal (pencatatan dalam jurnal)

Setelah mencari informasi kemudian melakukan pencatatan dalam sebuah jurnal.

• Pemindahan catatan (posting) ke buku besar

Setelah melakukan pencatatan selanjutnya melakukan pemindahan dari jurnal ke buku besar.

• Pembuatan neraca saldo

Setelah melakukan pemindahan ke buku besar lalu melakukan pembuatan neraca saldo, lengkap dengan data saldo pada periode tertentu.

• Mencatat (posting) dalam jurnal penyesuaian

Fungsi dari jurnal penyesuaian adalah untuk mengetahui pendapatan dalam periode tertentu pada saat pendapatan telah sah menjadi hak peusahaan. Jurnal ini brtujuan untuk pencatatan beban biaya dan meyakinkan bahwa siklus akuntansi benar actual adanya.

• Menyusun neraca saldo serelah penyesuaian

Neraca saldo penyesuaian untuk memastikan balace atau tidak antara jumlah debit dengan saldo kredit. Neraca saldo penyesuaian merupakan rujukan utama penyusunan laporan keuangan.

• Membuat laporan keuangan

Tahap terpenting dalam siklus akuntansi. Dalam pembuatan laporan keuangan sesuai pada bukti transaksi yang ada.

• Melakukan pencatatan dan posting di jurnal penutup

Jurnal yang membuat saldo akun nominal diantaranya penghasilan, bebab, dan deviden itu menjadi nol.

• Membuat neraca saldo setelah penutupan

Tahapan akir siklus akuntansi menyusun neraca sado setelah semuajurnal penutup selesai di posting di buku besar.

Dan bembahasan yang terakhir yaitu pengantar akuntansi, pengantar akuntasi adalah seni keterampilan mencatat dan mengolah data keuangan dengan tujuan menghasilkan laporan keuangan. Jadi ibarat bangunan pengantar akuntansi itu menjadi pndasinya.

Sumber : Wikipedia.org

Leave a comment